BIMBINGAN INDIVIDU DAN DISKUSI SESAMA GURU DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUKA PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DI SDN 13 PADANG GELANGGANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah Pembukaan pembelajaran ( kegiatan awal ) di kelas.Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah seperangkat rencana kegiatan yang diharapakan dilaksanakan peserta didik dan guru. Rencana kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Rencana pelaksanaan pembelajaran ini dijabarkan dari silabus. Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah meningkatkan hasil pembelajaran di kelas dimana peneliti secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 13 Padang Gelanggang. Penelitian dilakukan dalam dua tahap kegiatan, yaitu (1) Tahap pertama dilaksanakan pada hari Senin, 26 Oktober 2012 (2) Tahap kedua dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Oktober 2013 Melalui penelitian ini tampak kemampuan guru berkembang sehingga guru sudah mampu merencanakan pembelajaran yang aktif ,efektif dan menyenangkan khususnya disaat melakukan Appersepsi dan Pembukaan Pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan individu dan diskusi sesama guru dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuka pembelajaran yang bermakna dalam Mengembangkan rencana pembelajaran yang lebih baik