MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 SIAK HULU PADA MATERI TEKS DESCRIPTIVE MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP N 3 Siak Hulu pada Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam materi teks Descriptive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa inggris khusus nya teks Descriptive mengalami peningkatan setelah dilakukan dua kali perbaikan (dua siklus). Perbaikan tersebut dapat terlihat dari hasil koqnitif peserta didik dan hasil observasi guru terhadap keaktifan peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik dan motivasi belajar Peserta didik kelas VII SMP N 3 Siak Hulu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran bahasa inggris