MENINGKATNYA KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA SISTEMATIS DAN TERJADWAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran;(2) Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran; (3) Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah (4) Menjadikan sekolah kondusif sebagai tempat mendidik dan belajar mengajar. Penelitian ini berlangsung selama 2 bulan, yaitu Juli s.d November 2018. Jumlah siklus dalam penelitian ini adalah 2 siklus dengan setiap siklus berlangsung 8 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah peneliti sebagai salah satu cara untuk melakukan perubahan Ternyata terjadi kenaikan rerata jumlah guru yang memproduksi sendiri silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar, yaitu; pada siklus 1 guru yang memproduksi sendiri silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar berjumlah 51,42 % %, dan pada siklus kedua jumlah guru yang memproduksi sendiri silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan benar berjumlah 92,44%.