UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 SIAK HULU PADA POKOK BAHASAN BERBAGAI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Seberapa efektifkah penggunaan model group investigation dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada pokok bahasan berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia di SMP N 3 Siak Hulu. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran group investigation memiliki dampak positif dalam meningkatkan nilai belajar Peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan Peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 57,93%, 67,58%, 80,34%. Pada siklus III ketuntasan belajar Peserta didik secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini juga diperoleh data bahawa aktivitas Peserta didik dalam proses pembelajaran PKn dengan pembelajaran group investigation menjadi sangat termotivasi terlihat dari hasil lembar pengamatan yang meningkat dari siklus I ke siklus II