PENGARUH STATUS GIZI, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER III AKADEMI KEPERAWATAN PRIMA JAMBI TAHUN 2016
Abstract
Latar Belakang : Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai peserta didik dalam proses belajar. Melalui proses evaluasi dapat diketahui bahwa prestasi belajar mahasiswa semester III Akademi Keperawatan Prima Jambi mengalami penurunan dari 3,01 menjadi 2,93. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya penurunan indeks prestasi ini, tiga faktor diantaranya adalah status gizi, motivasi belajar dan lingkungan kampus. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan analisis regresi linear ganda. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh status gizi, motivasi belajar, dan lingkungan kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa semester III Akademi Keperawatan Prima Jambi Tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 29 orang. Dengan teknik pengambilan sampel berupa sensus sampling maka diperoleh sampel sebanyak 29 orang. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar status gizi responden adalah normal, motivasi belajar cukup baik dan lingkungan kampus cukup baik, serta ada pengaruh yang signifikan antara status gizi, motivasi belajar, dan lingkungan kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa semester III Akademi Keperawatan Prima Jambi Tahun 2016 sebesar 70,4%. Namun hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara status gizi terhadap prestasi belajar (t hitung 0.898< t table 1.701), ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar (t hitung 3.818> t table 1.701), dan ada pengaruh lingkungan kampus terhadap prestasi belajar (t hitung 4.229 < t table 1.701). Simpulan : Dengan demikian maka diharapkan responden lebih memanfaatkan sarana dan prasarana yang disediakan oleh kampus, meningkatkan motivasi belajar dan memperhatikan status gizinya,