UPAYA PENGUATAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BACA TULIS AL QURAN (BTQ)

Abstract

kolaboratif ini merupakan hasil riset transformatif dengan pendekatan partisipatori (participatory action research, PAR) yang awalnya masih sebatas mengetahui (to know), memahami (to understand), dan merencanakan aksi (to plan action) tentang manajemen penyelenggaraan pendidikan baca tulis Al Quran (BTQ) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kutowinangun Kebumen.Sekolah ini menyelenggarakan BTQ untuk memenuhi Peraturan Bupati Kebumen (Perbup) Nomor 31 T ahun 2016 tentang Pelaksanaan Pendalaman Pemahaman Kitab Suci (Perbup 31/2016).Di sini sekolah sudah menjalankannya selama 3 semester sampai sekarang.Bagaimana sekolah ini mengimplementasikan Perbup 31/2016 di atas merupakan permasalahan umum riset ini.Tujuan riset adalah untuk mengetahui secara partisipatif bersama para guru BTQ tentang masalahmereka, lalu mendiskusikannya, dan kemudian membuat rencana-rencana aksi penyelesaian masalah.Riset ini bersifat kualitatif dengan metode analisa SWOT dengan analisa 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) untuk membangun analisa masalah, analisa tujuan, penyusunan kerangka kerja, dan refleksi dan tindak lanjut. Riset ini bersifat berkelanjutan, sehingga tindakan itu pun akan direfleksikan untuk mengevaluasi dan membangun rencana berikutnya.Hasil riset selama Januari-Pebruari 2018 ini adalah bahwa (1)Perbup 31/2016 di atas ternyata tidak lengkap dan menghadirkan masalah dalam pelaksanaannya, dan karenanya perlu perbaikan, (2)sekolah perlu membuat struktur organisasi BTQ dan kurikulum BTQ sendiri, (3)rencana tindak lanjut yang jelas.PAR, Perbup 31/2016, BTQPAR, Perbup 31/2016, BTQPAR, Perbup 31/2016, BTQ