STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN 1 KEBUMEN
Abstract
Meningkatnya jumlah siswa di MIN 1 Kebumen di tengah persaingan antar lembaga pendidikan menjadikan penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen, (2) Mendeskripsikan implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen, (3) Menyusun instrument pengawasan pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen, (4) Menemukan faktor pendukung dan solusi terhadap hambatan dalam strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian Kepala Madrasah.Informan dari guru, bagian humas, bagian kesiswaan dan siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen dikonsep dan dirumuskan dalam bentuk Planning, Positioning dan Targetting.Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen melalui (1) Peningkatan kualitas kegiatan dan SDM, (2) Peningkatan mutu, (3) Perolehan prestasi (4) Pembentukan panitia penerimaan siswa baru, (5) Publikasi melalui website, banner, dan brosur, (6) Mengadakan kegiatan kesiswaan (7) Kerjasama dengan TK maupun RA di Kabupaten Kebumen Keyword: Straegi, Planning, Posisioning, Targeting,