Peran Guru dalam Pengembangan Moral Bagi Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan sebagai sarana pelestarian moralitas sekaligus pengembangan tatanan kehidupan manusia memiliki peran dan fungsi yang sangat penting serta efektif. Usia taman kanak-kanak dan kelompok bermain adalah saat yang paling baik bagi guru untuk meletakkan dasar-dasar pendidikan nilai, moral, dan agama. Pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan memerlukan pembiasaan di samping pemahaman dan penghayatan. Ada beberapa peran yang dapat dan harus dilaksanakan oleh guru yaitu; sebagai model, pembimbing, pelatih, motivator, dan sebagai penilai. Di samping peran-peran tersebut yang tidak kalah penting diperhatikan adalah materi pembelajaran moral dan nilai-nilai keagamaan pada PAUD harus bersifat; aplikatif, menyenangkan, dan mudah ditiru. Kemudian faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah metode yang diterapkan dalam pengembangan moral, ada beberapa metode yang bisa digunakan sesuai dengan tingkat kemampuan anak, yaitu metode Bercerita, Bernyanyi, Karyawisata, dan Syair atau Sajak.