Peningkatan Mutu Madrasah Berkelanjutan (Sustainability) Berbasis Kinerja Guru

Abstract

Masih rendahnya tingkat profesionalisme guru saat ini disebabkan oleh faktor-faktor yang berasal dari internal guru itu sendiri dan faktor lainnya yang berasal dari luar. Pada konteks madrasah, beberapa sifat yang harus dimiliki guru antara lain: pendidik harus memiliki keteladanan (uswah hasanah) dalam sifat tujuan, tingkah laku da pola berpikir guru bersifat rabbani yakni hendaknya selalu bersandar kepada Rabb dengan mentaatiNya, mengabdi kepadaNya, mengikuti syariatNya dan mengenal sifat-sifatNya; hendaknya guru seorang yang ikhlas; guru bersabar dalam mnegajarkan berbagai pengetahuan kepada anak-anak; jujur dalam menyampaikan informasi; senatiasa membekali diri dengan ilmu dan kesediaan membiasakan diri untuk terus mengkajinya, guru berpengetahuan luas dengan ilmu yang dikajinya; hendaknya guru mampu menggunakan berbagai metode mengajar secara bervariasi. Penguasaan ilmu saja belum cukup, karena tidak setiap orang berilmu mampu mentrasformasikan ilmunya kepada peserta didik secara efektif; guru mampu mengelola siswa, tegas dalam bertindak serta meletakkan berbagai perkara secara proporsional; mempelajari kehidupan psikis para pelajar selaras dengan masa perkembangannya ketika mengajarkannya; tanggap terhadap berbagai kondisi dan perkembangan dunia yang mempengaruhi jiwa, keyakinan; dituntut bersikap adil terhadap seluruh siswa.