Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah IPA MI Berbasis Nilai Moral

Abstract

Upaya peningkatan sensitivitas moral dalam pendidikan membutuhkan pengembangan model, metode, dan strategi pembelajaran inovatif. Salah satu model pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai moral di dalam kegiatan pembelajaran adalah Model Pembelajaran kooperatif. Dalam model ini banyak-aspek-aspek moral yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran, terlebih Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata kuliah yang memberikan banyak kesempatan untuk mengungkapkan nilai-nila, sehingga model pembelajaran koopertif ini dapat digunakan untuk mengembangkan aspek-aspek moral yang direncanakan guru untuk ditumbuhkembangkan dalam kelas. Penggunaan pendekatan pengungkapan nilai-nilai dalam sains merupakan cara untuk membuat pengajaran sains lebih nyata dan lebih berarti, memberikan perhatian kepada sains, dan menolong para mahasiswa untuk mengintegrasikan fikiran, perasaan, serta tindakan mereka dalam perkembangannya menjadi orang dewasa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mengem-bangkan perangkat pembelajaran, (2) Mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran, (3) Mendeskripsikan efektifitas penerapan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah perangkat pembelajaran berbasis nilai moral mata kuliah IPA MI I. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, karena mengembangkan perangkat pembe-lajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini, mengikuti model pengembangan Kemp.. Teknik analisis data yang digunakan adalah  statistik deskriptif.