Penerapan Metode Modeling The Way untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII MTs. Negeri Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode modeling the way untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi ekosistem kelas VII MTs. Negeri Jonggat Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah pedoman observasi keterlaksanaan RPP, pedoman dokumentasi, angket, dan pedoman wawancara. penelitian ini dilakukan di kelas VII A MTs. Negeri Jonggat dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa dengan menerapkan metode modeling the way dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dari pada pembelajaran yang mengguakan metode yang relatif monoton. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi aktivitas guru/ keterlaksanaan RPP, yang setiap siklus mengalami peningkatan dimana pada siklus I persentase keterlaksanaan RPP mencapai 85%, siklus II dan siklus III mencapai 100%. Sedangkan pada hasil observasi angket kreativitas belajar siswasetiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I jumlah kreativitas seluruh siswa 1182 dengan nilai rata-rata 36,9 dengan kategori kreativitas cukup, siklus II jumlah kreativitas seluruh siswa 1540 dengan nilai rata-rata 48,1 dengan kategori kreativitas baik, dan siklus III jumlah kreativitas belajar siswa 1703 dengan nilai rata-rata 53,21 dengan kategori kreativitas sangat baik.