Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia SMK Negeri 3 Mataram
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar kimia di SMK Negeri 3 Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik program keahlian teknik bangunan kelas XI SMK Negeri 3 Mataram. Subyek penelitian melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pre-test post-test control group design. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Pengujian statistik dengan menggunakan independent sample t-test yang yang sebelumnya diuji normalitas dan uji homogenitas pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan peningkatan hasil belajar secara signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.