Pengaruh Strategi Think-Talk-Write (TTW) Berbasis Kontekstual terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII MTS NW Wanasaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think-Talk-Write berbasis kontekstual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs NW Wanasaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah true eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs NW Wanasaba dengan jumlah 80 orang siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sedangkan sampel diambil secara simple random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas VIIC sebagai kelass eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa adalah lembar observasi dan tes, masing-masing instrument disusun berdasarkan indikator keterampilan proses sains yang diamati. Hasil analisis data observasi menggambarkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen (VIIC) dan kelas kontrol (VIIB) yaitu kelas eksperimen memiliki skor observasi 82,66% sangat tinggi dari pada kelas kontrol 23,33%. Sedangkan hipotesis di uji menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data posttest diperoleh t-hitung ≥ ttabel atau 4,79 ≥2,01 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi Think-Talk-Write berbasis kontekstual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs NW Wanasaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015.