Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Terpadu SMP Berbasis Home Materials untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mengembangkan dan mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis home materials, (2) mengetahui pengaruh penggunaan buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis home materials terhadap pembentukan karakter peserta didik. Secara umum peneltian ini melalui 3 tahap utama, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) dan pembuatan dan pengembangan produk, (3) evaluasi. Produk yang dikembangkan telah dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta penilaian pendidik dan peserta didik. Produk yang dikembangkan juga telah dilakukan uji coba terbatas dan Uji coba lapangan di empat sekolah yang ada di daerah Kabupaten Lombok Barat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil validasi ahli,  penilaian pendidik dan peserta didik dapat disimpulkan bahwa produk buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis home materials telah layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan hasil uji coba terbatas dan lapangan diketahui bahwa produk hasil pengembangan dapat meningkatkan karakter tanggung jawab, kreatif dan teliti.