STRATEGI PENINGKATAN PEMBELAJARAN MELALUI MANAJEMEN BOARDING SCHOOL (Studi Kasus di SMP ‘Aisyiyah Boarding School Malang)
Abstract
Lembaga pendidikan yang menerapkan boarding school dapat menberikan disiplin keilmuan secara maksimal, terutama pendidikan akhlak, serta dapat memberikan motivasi dari interaksi sosial antar peserta didik, karena mereka berada di lingkungan yang sama. Sekolah boarding school dapat berhasil dalam melaksanakan proses pembelajaran karena didukung oleh manajemen proses pembelajaran, mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, serta pengevaluasian. Langkah-langkah strategi peningkatan kualitas dalam pembelajaran dapat dilakukan dalam bentuk pembiasaan, pemberian hadiah, pemberian hukuman, kelompok belajar dan didukung oleh faktor ciri khas keunggukan baik dari tempat, fasilitas maupun pelaksanaannya, kesemuanya dikelola berdasarkan fungsi manajemen yakni melalui proses perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pengawasan untuk evaluasi pembelajaran.