IMPLEMENTASI METODE APEL DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA GUNA MENINGKATKAN DAYA INGAT SANTRI MADIN CHILDERN

Abstract

Metode merupakan seperangkat cara dan teknik yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran, misalkan metode apel. Apel tersebut dilaksanakan setiap hari sebelum masuk kelasnya masing-masing, yang mana apel ini mampu melatih dalam menghafal dan daya ingat santri. Maka dari itu peneliti mencoba untuk mengungkap adanya implementasi metode apel dalam menghafal Juz ‘amma guna meningkatkan daya ingat santri. rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun sumber data dan pengumpulan data akan diperoleh dari data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara/interview serta data sekunder yang diperoleh lewat orang lain atau dokumen-dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Implementasi metode apel yang diterapkan di Madin Childern sangat baik dan memuaskan. Dan sudah dikatakan dapat meningkatkan perkembangan santri dalam hal menghafal, selain itu juga dapat melatih santri untuk membiasakan membaca bacaan-bacaan tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena bacaan yang dibaca dalam apel, meliputi do’a-do’a harian, asmaul husna dan surat-surat pendek (Juz ‘amma). Seluruh santri diwajibkan mengikuti apel, meskipun  tidak keseluruhan dari santri yang ikut membacanya karena mereka masih belum lancar dalam membacanya, misalkan bacaan surat-surat pendek (Juz ‘amma). Untuk tingkat daya ingat pada santri yang menghafal Juz ‘amma dasarnya masih minim kira-kira 60% karena untuk anak yang seusia dini butuh penerapan metode pembiasaan, salah satunya dengan menggunakan metode apel. Dengan mengulang-ngulang bacaannya maka tingkat kemampuan daya ingat santri  meningkat kira-kira 85%, jadi santri lebih mudah didalam menghafal dan mengingatnya.