IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AQUILA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 1 PURWOSARI
Abstract
Metode Aquila (Active Question Luar Biasa), ialah merupakan sebuah metode yang mengkolaborasikan antara metode sosiodrama, role playing dan juga metode STAD. Penelitian yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri Purwosari tahun pelajaran 2014/2015 ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas secara kolaboratif maksudnya adalah upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran tidak dapat dilakukan sendiri oleh peneliti di luar kelas (dosen), tetapi ia harus berkolaborasi dengan guru. Tidak semua jenis metode pembelajaran yang digunakan itu selalu sama, melainkan harus bisa menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu penting sekali bagi seorang guru untuk menguasai berbagai macam metode pembelajaran, bahkan untuk di era sekarang ini seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengunakan metode dan media pembelajaran. Sebelum menerapkan metode Aquila (Active Question Luar Biasa) maka terlebih dulu peneliti melakukan pretes untuk mengukur tingkat keaktifan siswa dalam bertanya dan juga menyampaikan pendapat. Seperti apa yang dimaksud dengan peristiwa hijrah ke madinah, kapan peristiwa tersebut terjadi, hikma apa yang diperoleh dari peristiwa tersebut dan seterusnya. Dan sebelumnya dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Purwosari telah menggunkan metode ceramah dan juga metode lesson study.