PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUTIARA ILMU PANDAAN
Abstract
Manusia dibekali kompetensi dan kecerdasan yang beragam. Jika kecerdasaan yang beragam tersebut digali secara terus menerus dengan cara yang tepat akan muncul manusia-manusia yang berkompetensi unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan alasan peneliti ingin menemukan teori baru dari konsep-konsep penelitian sebagai tambahan pengembangan ilmu pengetahuan di lingkungan lembaga pendidikan yang diteliti. Lembaga Pendidikan Mutiara Ilmu mengembangkan strategi multiple intelligences yang beranggapan bahwa kecerdasan bukan hanya terbatas pada satu bidang saja. Lembaga Pendidikan ini bekerja sama dengan Next Worldview untuk konsultan pendidikan dalam menerapkan dan mengembangkan konsep Multiple intelligences. Pada saat pertama masuk sekolah siswa diobservasi potensi kecerdasannya yang hasilnya bisa diketahui wali murid dan selanjutnya digunakan untuk menentukan dan membagi rombongan belajar di sekolah dan membantu guru untuk menentukan strategi yang sesuai untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar agar tiap siswa merasa senang enjoy, menikmati materi sehingga materi lebih mudah dicerna oleh siswa.