RANCANG BANGUN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Abstract

Pendidikan,  dalam  Islam,  dapat  diartikan  sebagai  proses  penyiapan Mengingat  tanggung jawab seorang pendidik dalam Islam adalah sebagai‚ warasat al-anbiya, yang pada hakikatnya mengemban misi rahmatan lil al-alamin,  yakni  suatu  misi  yang  mengajak  manusia  untuk  tunduk  dan patuh  pada hukum-hukum Allah, guna memperoleh kesela-matan dunia akhirat  maka  interaksinya dengan  peserta  didik  harus  diselenggarakan sesuai  dengan  yang  diajarkan  oleh  Islam,  agar hasil  dari  interaksi keduanya benar-benar sempurna. Penyelenggaraan  interaksi  tersebut, seperti  yang disampaikan  oleh  Hasan  al-Banna,  seharusnya  bagaikan orang tua dan anak yang memiliki kedekatan secara emosional. Selain itu, interaksi  pendidik  dan  peserta  didik  adalah  bersifat  kemitraan  yang didasarkan  pada  nilai–nilai demokratis, keterbukaan, kemanusiaan  dan saling pengertian maka dalam hubungan  tersebut, Islam mengajarkan, pendidik dan peserta  didik untuk sama-sama saling memahami dan menghargai  hakikat  dan  peran masing-masing  agar  interaksi keduanya benar-benar menghasilkan generasi-generasi Islami yang mampu dan siap menjalankan perannya baik sebagai abdullah maupun sebagai khalifah di muka bumi ini.