PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN MODEL TIMSS PADA MATERI GEOMETRI DAN PENGUKURAN SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal penalaran matematika model TIMSS konten geometri dan pengukuran yang valid baik secara logis dan empiris serta mempunyai efek potensial terhadap peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Design Reseacrh tipe Development Studies. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Palembang kelas VIII.7 yang berjumlah 26 orang siswa. Proses pene litian ini melalui tahapan Preliminary Evaluation dan Formative Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian , diperoleh 5 soal penalaran matematika. Soal–soal tersebut memenuhi karakteristik TIMSS dan memenuhi indikator soal penalaran TIMSS. Dari hasil fie ld test yang dilakukan , diketahui terdapat 17 siswa (63,3846%) yang mendapatkan nilai di atas rata-rata , dimana rata-rata nilai siswa yaitu 70,55.