Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Syariah Cabang Tangerang

Abstract

Kepuasan pelanggan berbanding lurus dengan strategi pemasarandan kualitas pelayanan. Semakin bagus sebuah pemasaran danpelayanan maka semakin tinggi minat nasabah. Hal tersebutberlaku sebaliknya. Hal inilah yang penulis temukan pada BankBJB Cabang Tangerang. Karenanya, sebuah penelitian dilakukanuntuk menyelidiki kasus tersebut. Penelitian ini, -sebagaimanadisebut di atas- dilakukan Bank BJB Syariah Cabang Tangerang.Sebagai obyek penelitian adalah nasabah bank tersebut yangdimulai pada April 2014 sampai dengan September 2014. Kantorcabang tersebut beralamat di Komplek Tangerang City BussinesPark Blok D12 Kota Tangerang dengan jumlah populasi 127nasabah dan sampel yang diambil sebanyak 70 orang nasabah.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan teknis analisadata menggunakan analisis regresi dan hipotesis denganserangkaian pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, ujipenyimpangan, asumsi klasik, dan uji analisis regresi linierberganda.