Pengetahuan Konsumen dan Keputusan Menjadi Nasabah (Kasus BSM Kan.Cab Pembantu BSD Tangerang Selatan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuankonsumen memberikan pengaruh terhadap pengambilan keputusan untukmenjadi nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP BSD TangerangSelatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankuantitatif, disebut penelitian kuantitatif dikarenakan data penelitianberupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Alat uji yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode regresilinier sederhana, dengan metode ini akan didapat pengaruh variabel bebas(Pengetahuan Konsumen) terhadap variabel terikat (PengambilanKeputusan Menjadi Nasabah), dan yang menjadi sampel pada penelitianini adalah nasabah dana pihak ketiga pada PT. Bank Syariah MandiriKCP BSD Tangerang Selatan sebanyak 30 orang, pengambilan sampelmenggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metodePurposive Sampling adalah metode pengambilan sampel secara sengajasesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan atau secara sengajamengambil sampel tertentu, dan peneliti mengambil 30 responden sebagaisampel penelitian. Kemudian dilakukan pengujian validitas danrealiabilitas terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa pengetahuan konsumen berpengaruh terhadapkeputusan konsumen sebesar 63,2 %, sedangkan sisanya 36,8%dipengaruhi oleh faktor lain diluar variable X (Pengetahuan Konsumen)yang tidak diteliti.