Kualitas Pelayanan dalam Islam dan Kepercayaan terhadap Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Rumah Yatim Arrohman Indonesia

Abstract

Kualitas pelayanan yang diberikan berbanding lurus dengantingkat kepuasan. Seorang nasabah misalnya, akan merasakankepuasan bahkan melampaui harapan mereka jika kualitaspelayanan yang diberikan oleh lembaga terkait berkualitas. Jikakinerja yang dirasakan berada di bawah harapakan maka kualitasburuk, sementara apabila kinerja yang dirasakan berada sepadanatau di atas harapan maka kualitas bagus dan memuaskan. Hal iniyang kemudian dikaji dalam kaitannya dengan kualitaspelayanan Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Rumah YatimArrohman Indonesia versus tingkat kepuasan para muzakki.Penelitian ini dilakukan pada Januari - Juni 2014 sebagaiobyeknya adalah Rumah Yatim Arrohman Indonesia cabangTangerang dengan menggunakan metode analisis deskriptifkuantitatif. Variabel yang tersedia adalah variabel independenyaitu daya tanggap (responsiveness), Kehandalan (reliability),Jaminan (Assurance), Perhatian (empathy), dan Bukti (tangible),dan variabel dependen yaitu tingkat kepercayaan. Menggunakanintrumen kuesioner yang dirancang untuk mengukur kualitaspelayanan Rumah Yatim dan mengukur tingkat kepercayaanterhadap lembaga ZIS Rumah Yatim yang berhubungan dengankualitas pelayanan. Jumlah responden yang diambil sebanyak 70orang donatur dan kuesioner yang dikembalikan sebanyak 50eksemplar.