Pengaruh Produk Jasa Gadai (Rahn) Dengan Akad Qard Dan Ijarah Terhadap Kepeminatan Masyarakat Untuk Berbank Di Bank Syariah Mandiri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh produkgadai emas (Rahn) dengan akad ijārah dan qard terhadap minatmasyarakat untuk berbank di Bank Syariah Mandiri. Metodeanalisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dananalisis regresi linier berganda dan dilengkapi dengan metodepengolahan data seperti uji validitas dan reliabilitas, dan ujiasumsi klasik. Pengujian dilakukan dengan menggunakanbantuan aplikasi SPSS 21. Data yang digunakan dalam penelitianini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulandata menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Panelitianini mengambil sampel 62 responden yang merupakan nasabahGadai Emas BSM Kantor Cabang Pembantu Malabar -Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) ProdukGadai/Rahn (X1) tidak mempengaruhi kepeminatan masyarakatuntuk berbank di Bank Syariah Mandiri KCP MalabarTangerang, 2) Akad Ijārah (X3) dapat mempengaruhikepeminatan masyarakat untuk berbank di Bank Syariah MandiriKCP Malabar-Tangerang, 3) Akad Qard (X3) dapatmempengaruhi kepeminatan masyarakat untuk berbank di BankSyariah Mandiri KCP Malabar-Tangerang, tetapi ketiga variabeltersebut secara bersama-sama KCP Malabar-Tangerang.