Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk memudahkan pemahaman konsep trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif yang didukung data kuantitatif. Model Pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Karya inovasi ini dibuat dengan macromediaflash 8. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 8 siswa pada ujicoba kelompok kecil dan 30 siswa pada ujicoba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan model Miles Huberman.Hasilpengembangan diperoleh sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mempermudah mengingat rumus trigonometri.  Kata kunci: Media pembelajaran, android, konsep trigonometri  Abstract  [The Development of Interactive Android Based Learning Media to Facilitate Understanding of Trigonometric Concepts]. The purpose of this research is to develop interactive android based learning media to facilitate understanding of trigonometric concepts. This research is a development research with qualitative approach supported by quantitative data. Development model used is ADDIE. The innovation work was made with Macromedia Flash 8. The subjects in this study consisted of 8 students on a small group trial and 30 students on a large group trial. Data collection techniques used questionnaires and interviews. Qualitative data analysis technique using Miles Huberman model. The results of the development obtained a learning media that can help students to simplify remembering the trigonometric formula.  Keywords: Learning media, android, the concept of trigonometry