Kepemimpinan dan Budaya Akademik Mahasiswa Perguruan Tinggi

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan, kondisi budaya akademik mahasiswa, hubungan antara peran kepemimpinan dengan budaya akademik, serta faktor pendukung dan penghambat budaya akademik mahasiswa di perguruan tinggi di Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jambi, IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Universitas Batanghari Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan mixed methods research. Data dianalisis menggunakan mean, standar deviasi, dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan respon pimpinan terhadap pelaksanaan budaya akademik di ketiga perguruan tinggi di Kota Jambi tersebut berada pada tahap sederhana (skor min 2.67). Selain itu, sejumlah faktor pendukung pelaksanaan budaya akademik tidak dimanfaatkan dengan baik, bahkan disetujui berada pada tahap tinggi (skor min 3.45). Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penghambat pelaksanaan budaya akademik mahasiswa di perguruan tinggi Kota Jambi tersebut yang secara keseluruhannya berada pada tahap rendah. Selain itu, peran pimpinan dalam hubungannya terhadap pelaksanaan budaya akademik mahasiswa di perguruan tinggi Kota Jambi dalam bentuk; 1) katalisator (menumbuhkan kesadaran), 2) fasilitator, 3) pemecahan masalah, 4) penghubung sumber (mencari sumber kebutuhan organisasi) menunjukkan hipotesisnya diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa hubungan antara peran kepemimpinan terhadap pelaksanaan budaya akademik mahasiswa tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Kata Kunci: Kepemimpinan, budaya akademik, mahasiswa Abstract [The Relationship Between The Role Of Leaders and The Students’ Academic Culture At University In Jambi].The aim of this article is to find out the correlation between the role of leaders and students’ academic culture, including the supporting factors and obstacles. The State University of Jambi, The Institute of Islamic Studies Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, and Batanghari University were the subjects of the research. This was a mixed method research from which the data were analyzed using mean, deviation standard, and correlation’s formula. The result showed that leaders’ respond towards the application of academic culture in the three universities in Jambi City was at a simple stage (score 2.67). The factors for supporting a good academic culture have not been applied well or even approved at the high stage (score 3.45). There was a low level of factors which might constraint the application of good academic culture. In a nutshell, the roles of leaders in the application of students’ academic culture were in the form of: 1) the builder of awareness, 2) facilitator, 3) problem solver, and 4) resource finder for the need of institution. Therefore, the hypothesis was accepted that there was a significant correlation between roles of leaders and the application of students’ academic culture. Key words: leadership, academic culture, students