Pengetahuan Manajerial, Motivasi Berprestasi dan Kaitannya dengan Kinerja Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan manajerial dan motivasi berprestasi terhadap kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri di Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survey kausal, yang melibatkan total sampling sebanyak 32 orang kepala Sekolah Dasar Negeri di Jambi. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis jalur menemukan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pengetahuan manajerial dengan kinerja kepala sekolah. Sementara motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja kepala sekolah, meskipun motivasi berprestasi bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kinerja seorang kepala sekolah. Selanjutnya, pengetahuan manajerial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi. Sedangkan pengetahuan manajerial dan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja. Besarnya pengaruh pengetahuan manajerial dan motivasi berprestasi terhadap kinerja tergolong tinggi. Kata kunci: Pengetahuan manajerial, motivasi berprestasi, kinerja Abstract [The Influence of Managerial Knowledge and Achievement Motivation on Public Primary School Principals’ Performance]. This study is aimed at finding out the influence of managerial knowledge and achievement motivation on public primary school principals in Jambi. The study employed quantitative method through the use of causal survey design, involving 32 public primary school principals in Jambi. The result of study using path analysis revealed that there was significant influence of managerial knowledge variable on principals’ performance. Meanwhile, achievement motivation positively influenced and was significant to principals’ performance, though achievement motivation is not the only factor affecting a principal’s performance. In addition, managerial knowledge did not positively influence and was not significant to achievement motivation. Managerial knowledge and achievement motivation positively influenced and was significant to performance variable. The influence of managerial knowledge and achievement motivation was high. Keywords: managerial knowledge, achievement motivation, performance