Pemasaran Jasa Pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran jasa pendidikan dan faktor-faktor peluang dan tantangannya. Penelitian ini mengambil setting sosial pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Jambi dengan key Informan Kepala Madrasah, disamping informan tambahan lainnya. Sementara data yang dikumpulkan dengan teknik wawancaran mendalam, pengamatan, dan studi dokumen dianalisis dengan teknik analisis data mengalir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmen MAN IC bersifat lintas demografis, geogragis, sosial, dan ekonomi, dengan target pada masyarakat Muslim yang memiliki kemampuan dasar mumpuni bidang ilmu agama dan umum, sementara itu Madrasah mengambil posisi sebagai madrasah negeri unggulan dengan model boarding school. Strategi bauran pemasaran ditempuh dengan produk kurikulum teritegrasi, program ektrakurikuler unggulan, didukung sumber daya manusia yang profesioanl serta menempati lokasi yang terbilang strategis, pembiayaan yang terjangkau, mengamodir masyarakat tidak mampu, serta didukung dengan promosi berbasiskan teknologi. Kekuatan madrasah terletak pada citra lembaga sebagai Madrasah unggulan negeri dan jaringan Madrasah ke berbagai sekolah dan instansi pemerintah. Sedangkan kelemahannya pada aspek image sebagai Madrasah elit kesan sebagai sekolah dengan standar ekonomi dan sosial tinggi. Kata kunci: manajemen pemasaran jasa, bauran pemasaran, Madrasah Aliyah Negeri Abstract: Marketing of Educational Service at The State Islamic Senior High School Jambi. The study aims at finding the strategy employed to promote the Madrasah and the determinant factors behind. This is a qualitative research using indepth interview, semi participant observation, and documentation to gather data. Meanwhile flow model analysis was used to analyzed them. The study revealed that segmentation of the Madrasah was cross demografic, geografic, social, and econimic level, which a higher level academic standar of Moslim students as a target, meanwhile excellent public boarding school was its positioning. The study also found that maketing mix strategy was used by means of developing an integratic curriculum, excellent extracurriculum, professional stuff, strategic location, affordable costs and accomodate students with econimically disadvantage, as well as technology based promotion. The strenght of the Madrasah lied on its reputation as excellent public school and its networking. Meanwhile, the weakneeses are the image of the Madrasah as an ‘elite’ school and high econimics and social standard. Key word: marketing of educational service, marketing mix, state Islamic senior high school