Program Pembinaan Mutu Tenaga Pendidik Sekolah Kejuruan

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan dampak dari pelaksanaan pembinaan mutu tenaga pendidik pada SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi wawancara, observasi dan studi dokumentasi, dengan subjek wawancara, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Bidang Humas, Wakil Bidang Sarana dan Prasarana, Kepala Laboratorium Otomotif, Kepala Perpustakaan, Kepala Program Multimedia, 5 guru bidang studi, serta 5 siswa/i sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembinaan mutu masih belum sepenuhnya berjalan secara efektif. Hal ini karena, hanya kegiatan diklat dari pihak eksternal dan program sertifikasi saja yang aktif berjalan. Program diklat yang berasal dari internal sekolah hanya berupa kegiatan evaluasi dan pelatihan pembahasan mengenai pengisian rapot dan kurikulum yang diadakan setiap satu tahun sekali Kata kunci : Pengembangan mutu, tenaga pendidik, sekolah menengah kejuruan Abstract. The study aims at finding out the the process and outcome of the implementation of teacher quality development at Vocational School SMK Negeri 2 Tangerang Selatan. This is a qualitative descriptive research, the data collected by employing interview, observation, and documentation technique. The informants consists of Headmaster, Vice Headmaster, Head of School Laboratory, Head of School Library, teachers, and students of the School. The results indicated that teachers quality development at SMK N 2 depending on the education and training programs undertaken by the outside training institutions, such as sertification programs, meanwhile internal training activities are only conducted in the form of a short evaluation and guidelines for filling out report cards as well as curriculum evaluation annually Keywords: quality development, teacher, vocational school