MORAL SOSIAL DALAM PENGAJARAN IPS

Abstract

Pengajaran IPS disusun dan disajikan kepada siswa-siswi sebagai bekal untuk kehidupan masa depannya pada waktu mereka itu telah dewasa dan sepenuhnya menjadi anggota masyarakat yang mandiri. Salah satu aspek kehidupan yang sangat berperan dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini dan masa yang akan datang adalah moral sosial yang merupakan landasan hidup yang diyakini oleh masyarakat Indonesia untuk bertahan terhadap nilai-nilai moral yang dapat merusak kehidupan bangsa. Pengetahuan tentang moral sosial perlu disajikan kepada siswa bersamaan dengan pembahasan prinsip dan konsep tertentu tanpa mempertimbangkannya dengan norma rasional yang menjadi karakteristik pengajaran IPS. Pemikiran rasional dan Penalaran moral sosial merupakan cara berpikir yang dapat saling melengkapi, karena maslah sosial atau masyarakat utamanaya yang menyangkut manusia dengan segala aspek kehidupannya sulit dipastikan gejalanya. Kedua jenis pemikiran dan penalaran itu dapat dilaksanakan bersama-sama sepanjnag penggunaannya berurutan. Pengembangan moral sosial dalam IPS dapat dilakukan oleh guru dengan bermacam cara, antara lain keteladanan dan nasihat atau penghayatan moral yang bertujuan siswa memahami, menghayati dan merasa dirinya terikat oleh moral sosial.