KONTRIBUSI ULAMA’ DALAM PENDIDIKAN ISLAM DARI MASA KE MASA

Abstract

Ulama dalam perspektif pendidikan Islam dapat diartikan sebagai “Professor” (Syaikh), dosen, guru (Mudarris, mu’addib). Peran ulama dalam sistem pendidikan Islam klasik dapat dibedakan menjadi dua yaitu; pertama, peran ulama sebelum berdirinya lembaga Madrasah. Pada periode ini tradisi transmisi keilmuan bersifat individual yaitu ulama merupakan  tokoh kunci sebagai pusat keilmuan atau sumber segala ilmu, sehingga tanda kelulusan tidak diberikan oleh lembaga sekolah melainkan oleh person-person individu guru. Dan kedua, peran ulama dalam periode Madrasah. Secara sistematik, pendidikan Islam pada era ini mengalami perubahan baik infra struktur maupun supra struktur. Perubahan mendasar dalam terlihat dalam desain bangunan gedung yang terdiri dari satu kesatuan antara masjid dan ruang kuliah. Sedang peran ulama telah memunculkan kelas ulama tertinggi yakni Syaikh al-Islam serta adanya ‘spesialisasi’ keilmuan seorang ulama yakni professor bidang hadis, hukum, tasawuf, teologi dan sebagainya.