Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood

Abstract

Penanganan serius perlu dilakukan untuk mengatasi krisis moral yang terjadi di Indonesia. Salah satu cara yang diusung oleh pemerintah yaitu dengan memperbaiki sikap dan tingkah laku para pelajar melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter dilakukan disetiap jenjang pendidikan secara terintegrasi pada mata pelajaran. Guru memilih Video Blog (Vlog) sebagai media pembelajaran karakter karena kegemaran anak pada kegiatan menonton. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan vidoe blog(Vlog) dalam pembelajaran karakter pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitiatif. Dari hasil penelitian, diketahui guru PAUD Multitalent Dehasen Bengkulu, memanfaatkan vidoe blog untuk pembelajaran karakter. Guru memanfaatkan video blog untuk memperlihatkan dan menerapkan bentuk nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh anak usia dini pada aktivitas keseharian mereka di sekolah. Tiga elemen penting yang dimanfaatkan guru dalam vlog tersebut adalah (1) Media berupa Video blog, (2) Kebahasaan, dan (3) Materi/isi. Dari ketiga elemen tersebut, guru memanfaatkannya untuk mempermudah dan membantu dalam pembelajaran karakter.