Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Barru Sulawesi Selatan Tahun 2017
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan; (1) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu keandalan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan, (2) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu ketanggapan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan, (3) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu jaminan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan (4) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu empati terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan (5) untuk mengetahui pengaruh persepsi mutubukti langsungi terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan, dan (6) faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Barru Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional analitik dengan rancangan cross sectional study. Sampel penelitian adalah pasien rawat inap di ruang kebidanan RSUD Barru yang berjumlah 86 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh Keandalan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 2) ada pengaruh Ketanggapan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 3) ada pengaruh Jaminan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 4) ada pengaruh Empati dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 5) ada pengaruh Bukti Langsung dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru 2017. 6) variabel Keandalan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap Kepuasan pasien rawat inap di RSUD Barru tahun 2017. Bagi Rumah Sakit Umum Daerah Barru pada bagian rawat inap kebidanan agar meningkatkan keterampilan bidan, melakukan uji kompetensi sesuai profesi petugas, mengedepankan keramahan kepada pasien dan memperbaiki sarana dan prasarana yang ada.