Implementasi Program Bimbingan Persepsi Positive Body Image Terhadap Pengetahuan Gizi Remaja dan Status Gizi Remaja Putri

Abstract

Gangguan pada persepsi citra tubuh pada remaja memiliki implikasi negatif bagi psikologis dan kesejahteraan fisik remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh implementasi program bimbingan persepsi positive body image terhadap pengetahuan persepsi body image remaja puteri;  menilai wawasan remaja puteri dalam membedakan persepsi positive dan persepsi negative body image setelah mengikuti program bimbingan persepsi positive body image; dan menilai kemampuan remaja puteri dalam menentukan batas IMT yang ideal setelah mengikuti program bimbingan persepsi positive body image. Penelitian ini adalah penelitian Cross-sectional. Adapun variabel dalam penelitian atara lain; intake nutrisi menggunakan formulir Food Recall 24 jam, aktivitas menggunakan kuesioner, skalogram untuk mengukur persepsi remaja, dan status gizi remaja menggunakan penetuan Indeks Massa Tubuh (IMT). Pengabdian dilakukan pada remaja puteri di SMAN 5 dan SMAN 6 Depok. Analisis data menggunakan uji chi-square dari program SPSS versi 17. Pengabdian berupa implementasi program bimbingan persepsi positive body image potensial dilakukan untuk terhadap peningkatan pengetahuan persepsi body image remaja puteri. Pengabdian ini dapat meningkatnya wawasan remaja puteri untuk membedakan persepsi positive dan persepsi negative body image setelah mengikuti program bimbingan persepsi positive body image, serta meningkatkan kemampuan remaja puteri untuk menentukan batas IMT yang ideal setelah mengikuti program bimbingan persepsi positive body image.