STUDI PENINGKATAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA JAMBI

Abstract

Obyek penelitian adalah seluruh madrasah tsanawiyah di kota Jambi, negeri maupun swasta. Subyek penelitian kepala ma-drasah, guru dan komite madrasah. Bertujuan untuk menganalisis kebermaknaan kontribusi kepemimpinan kepala madrasah, iklim organisasi, dan partisipasi masyarakat terhadap mutu madrasah tsanawiyah, serta menemukan strategi peningkatan mutu madrasah. Metodologi penelitian dengan survei melalui pendekatan kuanti-tatif dan menggunakan teknik kuisioner. Ditemukan bahwa kepe-mimpinan kepala madrasah berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun terungkap pimpinan madrasah belum maksimal mengkomunikasikan program madrasah pada masyarakat. Iklim or-ganisasi berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun temuan menunjukkan bahwa guru dan kepala sekolah kurang mem-baur satu sama lain. Partisipasi masyarakat berkontribusi signifi kan terhadap mutu madrasah. Namun temuan menunjukkan bahwa ma-drasah belum sepenuhya melibatkan pihak masyarakat. Mutu ma-drasah dikembangkan dengan memotivasi siswa agar sering tampil pada perlombaan, untuk melatih keterampilan berkomunikasi, serta meraih prestasi yang bisa meningkatkan rasa percaya diri.