PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI PEMBELAJARAN BRAINSTORMING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penguasaan konsep siswa pada materi sistempernapasan dengan penerapan pembelajaran brainstormingdan Pendekatan Sains 5M. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu weak experimentdengandesain penelitianstatic-group comparison design. Sampel penelitian menggunakan dua kelas (MIA-3 danMIA-4) yang memiliki kedudukan berbeda, kelas MIA-3 sebagai kelas perlakuan dan kelasMIA-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah soalpenguasaan konsep berbentuk pilihan ganda, angket respon siswa dan format lembarobservasi. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian penguasaan konsep baik pada kelasperlakuan maupaun pada kelas control yang tergolong sangat baik (86,1 dan 82,7).Pelaksanaan proses pembelajaran brainstorming berjalan dengan kualifikasi sangat baikdengan rata-rata tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran mencapai 89,4%. Siswamemberikan respon positif terhadap pembelajaran brainstorming pada materi sistem respirasi.