HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM REPRODUKSI WANITA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN EKSPOSITORI
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMAN 24 Kota Bandung senantiasa dilakuaknupaya peningkatan kualitas hasil pembelajaran.Hal tersebut dilihat dari nilai ulangan harian, seperti padakonsep system reproduksi pada wanita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajarsiswa baik kognitif, afektif dan psikomotor siswa serta peningkatan hasil belajar mereka setelahpembelajaran berlangsung dengan menggunakan pendekatan ekspositorisub materi pokok sistemreproduksi wanita. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bentukkolaboratif parsipatoris.Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakanpendekatan ekspositori pada sub materi pokok sistem reproduksi wanita diperoleh data yaitu (1)Hasil belajar kognitif siswa berdasarkan pretes dengan nilai 31.9, sedangkan hasil belajar postesdengan nilai 59.6. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar secarasignifikan karena thitung = -10.392 < tdaftar = 2.656, dengan rata-rata nilai gain sebesar 28. (2)Sikap siswa setelah proses pembelajaran berlangsung menyatakan bahwa sebagian besar siswa(52.12%) setelah proses pembelajaran menunjukkan sikap senang terhadap pendekatanekspositori,35.88% siswa kurang menyukai terhadap pendekatan ekspositori dan 12.00% siswatidak menyatakan sikap (ragu) terhadap pendekatanekspositori setelah pembelajaranberlangsung. (3) Keterampilan siswa berkembang ke arah positif, terlihat dari rata-rataketerampilan siswa siklus I sebesar 61.0%, siklus II sebesar 80.0% dan keterampilan siswa padasiklus III sebesar 91.5%, (4) Hasil belajar siswa dari ketiga aspek terlihat adanya peningkatanhasil belajar demikian pula dengan sikap dan keterampilan mereka berkembang kearah positif,hal tersebut didukung dari hasil observasi dan wawancara siswa selama proses pembelajaran.