PERBANDINGAN PENINGKATAN PRESTASI KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM PERAIRAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan prestasikognitif dan afektif siswa pada sub materi pokok ekosistem perairan menggunakanpendekatan lingkungan dengan yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan pre testposttest control group design. hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelaseksperimen sebesar 28,22 dan nilai rata-rata postest sebesar 57,69, dengan demikian diperolehgain sebesar 29,47. nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 33,86 dan rata-rata postestsebesar 47,67 dan diperoleh gain sebesar 14,69. Hasil Tes Wilcoxon untuk nilai pretest keduakelas menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan, sedangkan hasil Uji t untuknilai postest terdapat perbedaan yang signifikan (nilai kelas eksperimen lebih tinggi) dan hasilTes Wilcoxon untuk nilai gain terdapat perbedaan yang signifikan. Prestasi Afektif siswadilihat dari respon yang sangat positif, skor rata-rata peraspek sebesar 3,78 dengan kualifikasitinggi. Prestasi afektif siswa kelas kontrol dilihat dari respon yang cukup baik terhadappembelajaran.