PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model inkuiriterbimbing, menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresidengan menggunakan dan tanpa menggunakan model inkuiri terbimbing, menganalisispengaruh dan respon model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswapada materi sistem ekskresi. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2SMAN 1 Jalancagak tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalahquasi eksperiment dengan desain, pretest - posttest control group design. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan kuesioner berupa angket.Hasil penelitian di kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing menghasilkan nilarata-rata pretest 45,90, posttest 80,00, dan gain 33,86, kelas yang tanpa menggunakan modelinkuiri terbimbing menghasilkan nilai rata-rata pretest 43,85, posttest 74,93 dan gain31,60. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,20 > ttabel 1,99 dengan a sebesar0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran modelinkuiri terbimbing