KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGELOLA EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD PADA PEMBELAJARAN KLASIFIKASI TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN APERSEPSI TAYANGAN VIDEO

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengelola extraneous cognitive load (ECL) pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan dengan menggunakan apersepsi tayangan video. Metode yang digunakan Quasy Experiment dengan desain penelitianPosttest–Only Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAS Ar-Rosyidiyah Cibiru Kota Bandung tahun pelajaran 2017/2018yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lembar kuesioner subjective rating scale dengan skala Likert menggunakan lima pilihan jawabandigunakan dalam penelitian untuk mengetahui beban ECL siswa dalam menerima dan mengolah informasi selama pembelajaran dan untuk mengetahui keterkaitan rancangan pembelajaran yang diberikan oleh guru yang diberikan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apersepsi tayangan video di kelas eksperimen mampu mengelola beban ECL.