PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOKIMIA BERBASIS STUDENT CENTER LEARNING (SCL)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untukmenganalisis perbedaan hasil antara tes awal dan tes akhirpada kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah pembelajaran biokimia berbasisStudent Center Learning (SCL), menganalisis pengaruhpembelajaran Student CenterLearning (SCL)terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, dan mengungkaprespon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran biokimia berbasisStudent CenterLearning (SCL) terhadap kemampuanpemecahan masalah mahasiswa.Metode penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah weak experimental atau eksperimen lemah dengandesain penelitian The One-Group Pretest-Posttest Design(Fraenkel,2007).Dalam penelitianini hanya menggunakan 1 kelas eksperimen yang diberikan perlakuan untuk menilai pengaruhdari perlakuan tersebut, tanpa dibandingkan dengan kelas kontrol.Instrumen yang digunakanadalah soal kemampuan memecahkan masalah berisi indikator yang telah ditentukan danangket respon mahasiswa. Hasil dari penelitian ini yaitu 1)Terdapat perbedaan hasil antara tesawal dan tes akhir pada keterampilan pemecahan masalah sebelum dan sesudah pembelajaranbiokimia berbasis Student Center Learning (SCL) dengan rata-rata indeks gain 18,3 danhasilnya lebih besar dari KKM yaitu 84,8 > 65. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan daripembelajaran biokimia berbasis Student Center Learning (SCL) terhadap kemampuanpemecahan masalah dan penguasaan konsep mahasiswa. 3)Tingkat ketuntasan pemecahanmasalah mahasiswa sebesar 70,8 %. 29,2% mahasiswa belum mencapai ketuntasan belajar.4)Respon positif dari mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran biokimia berbasis StudentCenter Learning (SCL).