Program Studi Pendidikan Biologi (Bulan), Vol. (x), No.(x) 8 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu LKS atau menyempurnakan LKSyang telah ada.Pada tahap uji coba LKS akhir, LKS yang dikembangkan mulai diterapkan dalampembelajaran di kelas. Metode ini menggunakan satu kelas sebanyak 31 orang siswa. Instrumen yangdigunakan adalah tes pilihana ganda, angket validasi, dan angket respon. Setelah melalui prosesanalisis data, maka hasil penelitian menunjukan: Penyusunan LKS berbasis model learning cycle 5 Emenggunakan model Analysis, Development, Design, Implementation dan Evaluation (ADDIE) padatahap pengembangan di validasi, oleh ahli dengan skor rata-rata 0,88 dengan kategori valid danvalidasi oleh sepuluh orang siswa dengan skor rata-rata 0,98 dengan kategori valid, dengan demikianLKS ini sudah bisa di implementasikan dalam pembelajaran disekolah; LKS berbasis model learningcycle 5 E yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaranlingkungan. Hal ini didasarkan hasil N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang, dan Respon siswaterhadap penggunaan LKS berbasis model learning cycle 5 E yang dikembangkan dalam pembelajaranpada materi pencemaran lingkungan menunjukan respon positif. Hal ini didasarkan pada analisisangket respon siswa yang memperoleh skor siswa rata-rata 3,64 dengan klasifikasi tinggi. Simpulanpengembangan LKS berbasis model learning cycle 5 E dapat meningkatkan hasil belajar siswa padamateri pencemaran lingkunga