HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE APPROACH TIPE TGT BERBANTUAN FACEBOOK
Abstract
Pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebookmerupakan pembelajaran kooperatif dan memanfaatkan teknologi internet dalamproses pembelajarannya (Facebook) untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitaspembelajaran pada siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA PGRI Rancaekektahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah jenis Quasi eksperiment denganrancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes berjumlah 25 soal, sedangkan afektif menggunakan angket. Hasilpenelitian di kelas yang menggunakan pembelajaran Cooperative Approach TipeTGT Berbantuan Facebook dengan diperoleh rata-rata pretest 44,27 dan posttest64,37 memiliki gain 20,1, sedangkan yang tidak mengggunakan pembelajaranCooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, rata-rata pretest 40,80 danposttest 47,43, memiliki gain 6,63. Berdasarkan hasil uji t hitung, thitung = (5,16) danttabel = (2,01). Maka thitung (5,16) > ttabel (2,01) menunjukan Ho ditolak dan Ha diterimapada taraf signifikan 5 % dapat disimpulkan bahwa pembelajaran CooperativeApproach Tipe TGT Berbantuan Facebook berpengaruh terhadap hasil belajar siswapada materi ekologi.