PROFIL TECNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi TechnologicalPedagogical And Content Knowledge calon guru biologi Program Studi Pendidikan BiologiFakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung yang telah mengikuti programpengenalan lapangan (PPL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif denganpendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengambilan data yang dilakukan adalah denganmetode survey terhadap 82 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tertutupyang setiap pernyataannya didasarkan pada setiap komponen TPACK. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Technological Pedagogical And Content Knowladge (TPACK) calonguru biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Kegurun UIN SGDBandung berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3.6. Hal ini menunjukkan bahwacalon guru biologi telah memahami aspek-aspek yang terkait dengan technologicalpedagogical and content knowladge dalam proses pembelajaran.