PERBANDINGAN PROFIL BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUICK ON THE DRAW DAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SUB MATERI EKOSISTEM
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi di SMPN 3 Pangandaran yang memperoleh data bahwa kemampuan bertanya siswa kelas VII masih kurang. Menggunakan model quick on the draw dan model picture and picture karena model pembelajaran ini mempunyai kelebihan mampu membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bertanya melalui gambar yang akan membantu siswa untuk mendapatkan pertanyaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis pertanyaan siswa melalui model quick on the draw dan model picture and picture pada sub materi ekosistem.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN 3 Pangandaran.Instrument yang digunakan berupa lembar observasi untuk mencatat pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh siswa.Hasil analisis observasi aktivitas pembelajaran guru dengan menggunakan model quick on the draw mendapat nilai rata – rata 9,07% sedangkan dengan menggunakan model picture and picture mendapatkan nilai 92,7% dan aktivitas pembelajaran siswa dengan menggunakan model quick on the draw mendapat nilai rata – rata 81,7% sedangkan dengan model picture and picture 87%. Pertanyaan siswa secara tertulis dengan model quick on the draw menunjukan presentase C1: 30,97%, C2: 55,76%, C3: 13,25%,C4: 0% sedangkan dengan model picture and picture menunjukkan presentase C1: 33,51%, C2: 53,07%, C3: 13,40%, dan C4: 0%. Dan berdasarkan pertanyaan tertutup dan terbuka dengan menggunakan model quick on the draw memperoleh terbuka 61,95% tertutup 38,04%, sedangkan dengan model picture and picture terbuka 56,98% tertutup 43,01%. Jadi pertanyaan yang paling banyak muncul yaitu pada jenjang kognitif C2 (pemahaman). Dan perbandingan dilihat dari banyaknya soal yaitu lebih banyak pada model Picture and Picture.