Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan materi pelajaran listrik dinamis di kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) observasi (observasing) dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) materi pelajaran listrik dinamis dengan kegiatan: (1) tahap think, siswa diberi peluang menyelesaikan masalah listrik dinamis berupa muatan atom dalam suatu unsur,  (2) tahap pair, siswa bersama pasangannya menalar keterkaitan antara muatan inti atom dengan elektron, (3) tahap share, siswa bersama-sama kelompok mengomunikasikan hasil temuannya di depan kelas tentang gerakan elektron dapat menimbulkan muatan listrik dinamis. Hasil belajar fisika dengan menggunakan Think Pair Share mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari angka 72,90% pada siklus I menjadi 81,18% pada siklus II.