GURU ADALAH MANAJER SESUNGGUHNYA DI SEKOLAH

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu variabel bebas berupa pengaruhkepemimpinan yang dipelajari melalui dimensi yang meliputi fungsi kepemimpinan(X1); gaya kepemimpinan (X2); tugas kepemimpinan (X3), dan peran kepemimpinan(X4) dan variabel terikat dengan itu adalah minat mengajar guru (Y). Penelitian yangdilakukan berdasarkan metode korelasional untuk mengukur variabel tertentuberpengaruh terhadap variabel lain. Analisis hasil penelitian menerapkan tingkatregresi dan korelasi multilepel dan juga parsial. Hal ini sesuai dengan hipotesis yangdiangkat dan juga kondisi tentang skala pengukuran yang paling sedikit intervalnyabisa terpenuhi. Disamping itu, data hasil penelitian diuji dengan kondisi normalitas,karena data yang diambil dengan benar berasal dari populasi yang memilikidistribusi normal. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antarvariabel. Matte ini terlihat dari; (1) Fungsi kepemimpinan terhadap minat mengajarguru diperoleh dengan koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,2441 atau r? 0,20. Angkaini menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan berpengaruh terhadap minatmengajar guru, (2) Gaya Kepemimpinan terhadap minat guru diperoleh korelasi ry2= 0,2008 atau r? 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinanberpengaruh terhadap minat mengajar guru sekolah dasar, (3) TugasKepemimpinan untuk kepentingan mengajar guru diperoleh dengan koefisienkorelasi ry3 = 0,2106 atau r? 0,20. Hal ini menunjukkan bahwa tugas kepemimpinanberpengaruh terhadap minat mengajar guru, (4) Peran kepemimpinan terhadapminat mengajar guru, dari hasil analisis dengan menggunakan uji linier sederhana,yaitu diperoleh nilai regresi Y = 11,74 + 0 , 95x. Sedangkan berdasarkan uji Fdiperoleh F hitung 66,56 dan F tabel = 0,00001. Hasil analisis menunjukkan bahwaperan kepemimpinan terhadap minat mengajar guru. Hasil analisis menunjukkanbahwa kepemimpinan terhadap minat mengajar guru 36% dipengaruhi oleh perankepemimpinan yang kondusif. Hasil analisis mengenai peran kepemimpinan yangcondushif, berdasarkan distribusi frekuensi kualitatif menunjukkan bahwa 64% dariseluruh guru belum penuh berperan dalam menjalankan kepemimpinannya dalammenjalankan tugas dan tanggung jawab menjadi kewajibannya. Pada dasarnyaketika kepemimpinan terdiri dari fungsi, gaya, dan tugas yang dijalankan secaraterarah dan tempur, tidak diragukan lagi dapat menumbuhkan peran kepemimpinansemua guru sekolah dasar di negara tersebut. Hal ini diketahui dari hasil analisiskoefisien korelasi yang menunjukkan r = 0,6371 dan koefisien determinasi r2 =0,4059, beban bahwa peran kepemimpinan semua guru terhadap minat mengajarguru 40,59% dipengaruhi oleh fungsi, gaya, dan tugas kepemimpinan. Kata Kunci : guru, pemimpin, manajer.