FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI KERJA PADA KARYAWAN LEMBAGA HUDA GROUP DI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang menjadi sumbermotivasi untuk bekerja pada pegawai institusi Huda Group di Tamansari,Bogor. Hipotesis dari penelitian ini adalah faktor monoteisme dan jihad,kepemimpinan, komunikasi, persyaratan, pelatihan, kompensasi dan prestasiyang signifikan berpengaruh menjadi sumber faktor motivasi karyawan pada Lembaga Huda Grup. Metode pengambilan sampel dengan menggunakansampel jenuh (sensus) kepada seluruh karyawan dengan jumlah respondenadalah 80 orang dan semuanya karyawan tetap Huda Group Bogor. Semuaresponden diberi kuesioner yang berkaitan dengan analisis faktor motivasikaryawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa monoteisme dan jihad,kepemimpinan, komunikasi, persyaratan, pelatihan, kompensasi, danpencapaian pengaruh signifikan 0,000. Sumber faktor motivasi. Faktor prestasi, mencapai nilai tertinggi dibandingkan dengan variabel lain yaitu0,873 atau 87,3% menunjukkan bahwa hubungan motivasi sangat kuat padamotivasi, faktor monoteisme dan jihad mencapai nilai 0,594 atau 59,4%memiliki hubungan yang kuat dengan motivasi namun lebih rendah. daripadavariabelnya lebih banyak. Faktor kepemimpinan mencapai nilai 0,771 atau77,1% (sangat kuat), faktor komunikasi mencapai nilai 0,686 atau 68,6,1%(kuat), Faktor Kebutuhan mencapai 0,846 atau 84,6% (sangat kuat), faktorpelatihannya mencapai nilai 0,669 atau 66,9% menunjukkan bahwahubungan yang kuat, faktor kompensasi mencapai nilai 0,788 atau 78,8%menunjukkan bahwa hubungan tersebut sangat kuat terhadap motivasikaryawan Huda Group. Lembaga Huda Group harus meningkatkan perhatiansehingga bisa mempertahankan faktor yang sudah sangat kuat, danmeningkatkan faktor motivasinya, terutama monoteisme dan jihad dengancara yang lebih tepat untuk bisa menjadi motivasi utama dan sempurna,sehingga karyawan melakukan kerja keras didorong oleh motivasi beribadahdan bekerja dengan semangat jihad.KataKunci : Kepemimpinan, komunikasi, motivasi.