KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KARAWANG JAWA BARAT

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam (PAI). Kompetensi pedagogik adalah salah satu dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru untuk dapat memahami indikator-indikator dalam mengukur keberhasilan melaksanakan tugasnya secara pedagogik yang mencakup pemahaman landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum, rancangan pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pemahaman terhadap pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kabupaten Karawang Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan statistik model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh r hitung sebesar 0,183 dalam indeks korelasi r product moment berkisar antara 0,00 - 0,20, artinya terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik, guru PAI.