KOMPETENSI GURU, BUDAYA ORGANISASI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM HASMI BOGOR

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang difokuskan pada kompetensiguru, budaya organisasi dan pelayanan terhadap kepuasan orang tua siswadi SMA HASMI Bogor. Penulis mengidentifikasi masalah kepuasan orang tuasiswa SMA Islam HASMI dengan beberapa faktor yang didugamempengaruhinya, diantaranya adalah; a) kurangnya sarana komunikasiantara guru dan orang tua murid, b) adanya sarana dan prasarana yangdijanjikan belum dapat ditepati oleh manajemen, c) kurangnya kemampuanguru dalam proses KBM, d) lemahnya budaya kerjasama dari parakaryawan, e) adanya guru yang kurang memahami karakteristik peserta didikdengan baik, f) kurangnya pengendalian dari aturan yang telah diberlakukan,g) organisasi belum menjadi perekat kalangan internal, h) tempat pelayananyang kurang memadai, i) petugas pelayanan kurang handal dan responsif,dan j) kurangnya perhatian manajemen terhadap aduan, solusi, dan prioritaspelayanan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatifdengan menggunakan model analisis satu jalur (Path Analisys). Dalammenganalisa data hasil kuesioner digunakan alat bantu komputer denganprogram SPSS versi 19,0. Tempat penelitian di SMA Islam HASMI BoardingSchool di Kecamatan Tamansari Bogor dengan resonden berjumlah 83orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guruberpengaruh nyata dan signifikan terhadap kepuasan dengan nilaisignifikansi sebesar 0,001. Besarnya pengaruh variabel kompetensi guruterhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI adalah 0,430.Variabel budaya organisasi tidak berpengaruh nyata terhadap kepuasandengan nilai signifikansi sebesar 0,078. Besarnya pengaruh variabel budayaorganisasi terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMIadalah 0,273. Sedangkan variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadapkepuasan dengan nilai sebesar 0,289. Besarnya pengaruh variabel budayaorganisasi terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMIadalah 0,143. Adapun variabel kompensi guru, budaya organisasi, danpelayanan secara simultan berpengaruh nyata dan signifikan sebesar 63,3 %terhadap kepuasan orang tua murid pada SMA Islam HASMI.Kata Kunci: Kompetensi guru, budaya organisasi, pelayanan, kepuasan.